Restorasi Meiji atau modernisasi Jepang dibawah kaisar Meiji

Sebelum 1853 Jepang betul-betul merupakan negara yang sangat tertutup dan
diperintah dengan cara yang sangat feodalistik. Dorongan modernisasi Jepang
berawal dari  hadirnya angkatan laut Amerika dibawah  pimpinan Laksamana Perry.
Laksamana Perry minta pintu gerbang Jepang dibuka dan minta berunding dengan
tujuan agar Jepang membuka diri kepada pihak asing, berdagang dan membolehkan
kapal asing merapat di pelabuhan Jepang

Mulai saat Itulah bangsa  Jepang terbuka matanya bahwa ada kekuatan-kekuatan
besar diluar mereka. Semangat Bushido para samurai dengan pedang-pedangnya 
ditantang untuk mampu melawan kekuatan Amerika, orang kulit putih, orang Barat
(sekalipun orang Amerika itu datangnya dari Timur). Sejak saat itu mereka
berpikir untuk menjadi sekurang-kurangnya sama kuatnya dengan orang asing.

Dimulailah proses reformasi dengan pendidikan sebagai mata tombak. Pendidikan
menjadi hak dan kewajiban semua warga. Tetapi reformasi itu yang disebut
restorasi, sejak itu restorasi Jepang itu disebut dengan Restorasi Meiji.
Restorasi Jepang itu berjalan sangat cepat dan efisien tahun 1853. Menjelang
akhir abad ke 19 Jepang sudah berhasil menjadi kekuatan militer dengan angkatan
laut yang sangat tangguh sehingga dapat mengalahkan secara mutlak armada
raksasa Rusia di Selat Tsushima, menyapu bersih kepulauan Sachalin, mengambil
Korea dan Semenanjung Liau-Tung dari Rusia, serta Port Arthur dan Dairen
(Wells, 1951).

Pengaruh mendasar lainnya dari kehadiran bangsa Amerika  di Jepang  adalah
perubahan Konstitusi Jepang yang  dibuat atas supervisi Jenderal MacAthur, dan
konstitusi itu masih berlaku hingga kini. Di bawah asuhan Jenderal MacArhur,
Jepang tumbuh kembali menjadi negara ekonomi yang sangat tangguh, sehingga
menjadi super power dalam bidang ekonomi hingga kini.

Yang menarik dari Restorasi Jepang adalah :

Para aktor  yang sangat gigih memperjuangkan reformasi itu berjumlah tidak
lebih dari 100 orang muda yang cerdas dan berdedikasi tinggi.

Titik berat dari proses restorasi itu adalah di bidang pendidikan. Banyak
sekali pemuda Jepang dikirimkan ke luar negeri dan Jepang banyak mengambil
sistem Jerman dalam segala proses kehidupannya.

Sewaktu menjalankan Restorasi, Jepang sudah memiliki administrasi pemerintahan
yang sangat rapih warisan dari rezim Tokugawa.

Pada dasarnya kepribadian Jepang sangat dipengaruhi oleh semangat Bushido yang
sangat asketik, berdisiplin tinggi, dan menjunjung tinggi kode etik dan tata
krama dalam kehidupan. Kesemuanya itu terus berlanjut sewaktu proses restorasi
itu berjalan.
 

About these ads

29 responses to “Restorasi Meiji atau modernisasi Jepang dibawah kaisar Meiji

  1. Jehezkiel Vander Krogt

    Restorasi Jepang membuat inti Jepang itu sendiri berubah menjadi lebih maju. Apakah ada dampak negatifnya?

  2. apa dampak negatif dari restorasi meiji bagi jepang sendiri ?

  3. very good, keep istiqomah too

  4. bisa djelasin ga sistem jermen itu rincian sistemnya gimana?
    thx b4

  5. reza albaran hutabarat

    pening deh ma Jepang pake penutup2 sgala tuh daerah tapi untung yah ada si restorasi jadi kebuka deh tuh..maju kan jepang di buatnya…ckckckckcc salut deh buat Jepang ga kaya Negara kita udah kebuka dari jaman2 nya lama amat tapi teteup aja ga maju2..hihihihihi

  6. Biar bgm pun, sy tetap salut dgn bgs Jepun. Sekalinya reformasi, betul2 reformasi total. & tentunya lebih banyak dampak positifnya daripada negatifnya. Yg namanya wajib belajar betul2 wajib belajar. Istilah kata, yg ga belajar wajib dibunuh, karena bakal jadi beban negara beberapa puluh tahun ke depan. Tentu saja fasilitas belajar betul2 sudah disiapkan oleh pemerintah mereka. Dan dari situ, lahirlah Mr. Mitsubishi, Mr. Suzuki, Mr. Honda, Mr. Daihatsu, Mr. Marubeni, Mr. Sumitomo, Mr. Toyota, Mr. Sony, Mr. Panasonic serta ratusan Mr-Mr sejenis di Jepun.
    Bayangkan, pendapatan negara Jepun surplus ribuan persen daripada pengeluaran negaranya. So, biar kata minyak harganya $500/barrel pun ga ada masalah dgn mereka.
    & asal tahu aja, pendapatan TOYOTA th 2007 sama dgn 3x APBN RI th 2007! itu baru 1 perusahaan. Lha kita, cm sepertiganya, itupun buat 1 negara segede alaihim gambreng!

  7. andaikan, ada 10 orang spt Mr. Toyota / Mr. Bill Gates di Indonesia, sudah sekaya apa negeri ini?
    Andaikan, wajib belajar sudah diwajibkan semenjak 50 tahun yg lalu, sudah sehebat apa kita?
    Andaikan pula, para pemimpin kita tdk cuma mikirin urusan perut mereka sendiri, sudah semaju apa bangsa ini?
    Yg kita perlukan hanya pemimpin yg ‘sudah KAYA’ sehingga sudah ga pengen duit lg, ‘CERDAS, meski ga tamat kuliah, & punya ‘SUPERVISI 100 TAHUN’ ke depan, meskipun dia cm org kampung yg katro !

  8. Dampak negatif restorasi meiji adalah bahwa Jepang menjadi bersifat ekspansionis. Hal ini dilatar belakangi oleh sikap ultranasionalis.

  9. salah satu dampak negatif yang timbul dewasa ini bg bangsa Jepang adalah Harakiri atau bunuh diri…menurut saya pribadi sistem yang digunakan ataw standard yg ditetapkan oleh negara maju memang memiliki tingkat tekanan yang tinggi, bg saya hal ini akan memicu org tsb utk bunuh diri ataw melakukan hal-hal yang diluar batas. ya bisa terlihat dr byk hal yg tdk di ekspos secara besar2an. tetap salut dgn jepang dlm hal kemampuan mengembangkan diri yg sangat luar biasa. Jepang pun tidak mempunyai angkatan perang akibat dari WW II dulu.mereka pny Polisi tp gak pny angkatan perang.

  10. salut deh sama jepang..

  11. apa pengaruh fositif dari meiji untk jepang ?

  12. it’s perfect, seharusnya ini jadi pembelajaran buat qta bangsa indonesia. Bagaimana bangsa ini bangkit dari keterpurukan. So…, gw juga mo ambil bahan ini buat tugas kuliah tentang modernisasi dan globalisasi. Wakakak…!

  13. Febby Syahputra

    seharusnya pemimpin dan orang indonesia meniru mental orang J

  14. Kalo di Jepang, yang gak mau belajar WAJIB dibunuh… Tpi kalo di Indonesia, yang mau belajar Wajib BAYAR MAHAAAAAL!

  15. policy apa yang di ambil meiji dalam restorasi ini

  16. Yah…….susah…niru jepang….he…he

  17. bagus nih…buat materi anak2
    tq ya…

  18. pengen jadi kayak jepang?
    Rumusnya untuk Indonesia
    (Perbaikan moral/etika+pengubahan mindset) x semangat untuk maju = Modal A
    (Pemimpin yang tegas+birokrat dan pegawai yang jujur) x dedikasi tinggi untuk negara = Modal B
    Modal A+Modal B= INDONESIA MAJU!!!
    tapi tinggal tunggu waktu aj kok setelah amrik turun, china kebagian tempat juga dan ditutup oleh Indonesia nanti …hehehe!:)

  19. woow!!!
    thank’s banget taz infox yach !!!

  20. INDONESIA tak sama dengan JEPANG!
    Kita punya jalan dan sejarahnya sendiri untuk maju dan berkembang. JEPANG hanyalah inspirasi. NAMUN, tak dipungkiri PENDIDIKAN adalah tombak paling ampuh untuk membangun bangsa…

    NAMUN, menurut saya (menurut saya nih), berbeda ama Jepang, tombak terpenting kita adalah reformasi budaya…. kita ubah budaya kita yang jelek2 yang suka makan sendirilah, kurang kritis, tak bertanggung jawab, tak disiplin dll…. dengan cara propaganda kebudayaan. karena jika kita pintar tapi budaya kita suka korupsi gimana?? sama aja dong….

    maaf kayaknya kita2 tepatnya bukan “budaya” deh, sifat2 diatas sepertinya punya kata lain yang lebih tepat… tapi apa ya?

  21. ,pemimpin jujur….kepedulian terhadap pendidikan…….tidak meninggalkan identitas negara RI…..
    itu merupakan salah satu kunci agar kita setidaknya sejajar dengan Jepang, terlalu muluk lah kalau ingin melampaui Jepang,

  22. sipp infonya . . .

    memang jepang itu punya kepribadian yang ulet..
    dan jepang memang tidak sama dengan indonesia.
    apakah indonesia bisa seperti jepang ?

    oy, jgn lupa mampir ke blog saya http://globalmaya.wordpress.com

  23. Thank’s ats restorasi meji ny.. ;-)

  24. klo jepang kan pake otak klo Indonesia masih pake otot jadi bsa d bandingkan dong hasilnya. Kan logikanya hasil budaya dari otak nilainya lebih tinggi dari hasil budaya otot. Jadi tinggal pilih saja sebenarnya klo mo kaya jepang jangan malas pake otak. Nih2 hasil otot kita selama ini masih aja statsnya negara dunia ke 3 alias berkembang mlolo gak pernah terbang….

  25. kenapa komodor perry mengubah jepang dari negara yang tertutup ke negara yang terbuka?

  26. Saya percaya, kalo orang-orang jepang semuanya suruh pindah ke indonesia secara permanen, dengan telanjang sekalipun pasti mau, walau harus meninggalkan segala-galanya di jepang, asal bangsa indonesia juga mau keluar dari indonesia. Alhasil, 100 taun lagi jepang jadi negara Super Adi Kuasa dan bangsa Indonesia jadi budak setiap bangsa! Karena mental korup dan jauh dari disiplinnya!

  27. kita bisa saja seperti jepang asalkan selamatkan seluruh lulusan smu dan yg sederajatnya biayai segala kebutuhan kuliahnya + uang sakunya oleh negara terus kalo ga cukup dananya pinjem ke bank dunia insya allah 10 ke depan utang2 itu akan ke bayar bahkan bisa menjadi negara donatur karena 10 tahun kedepan banyak putra putri indonesia yg menjadi tenaga ahli dan ilmuwan di luar maupun di dalam negeri

  28. mau tanya ada yg punya info seputar penyebab fasisme jepang ga?thx..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s